Spiga

Contoh Dongeng

Kunang-Kunang
Pelita Hati

Musim kemarau berlangsung lama. Pada malam hari udara terasa sangat dingin dan siang hari terasa panas. Debu-debu beterbangan kian kemari. Sungai-sungai mulai surut airnya. Pada waktu itu kunang-kunang bertelur. Ikan-ikan juga bertelur.

Tidak berapa lama datanglah seekor katak.

”Kung-kong-kung-kong ...” suara katak mengejutkan suasana.

”Ha ... ha ... ha ... hari ini aku makan besar,” kata sang katak sambil makan telur ikan.

”Hai, katak, janganlah kamu berbuat sewenang-wenang! Jangan kamu makan telurku semua. Siapa yang akan menggantikan aku nanti bila anak-anakku mati?” tanya ikan khawatir.

’Ha ... ha ... tak perlu kau melarangku. Ini makanan kesukaanku,” sahut katak dengan suara lantang.

Tiba-tiba dari jauh tampak cahaya gemerlapan. Cahaya itu berasal dari kunang-kunang yang memberi pelita kepada kegelapan. Katak meloncat, takut dan malu atas kesombongannya serta tingkah lakunya. Ia sudah sering memperoleh nasihat dari kunang-kunang.

’Hai, kenapa kamu bersedih, Ikan?’ tanya kuang-kunang.

Ikan mengadukan nasibnya kepada kunang-kunang.

”Biarlah, balasan yang setimpal akan diperoleh katak. Bersabarlah dan berbuatlah kebaikan. Aku akan selalu membantumu,” hibur kunang-kunang.

Setelah kunang-kunang pergi, katak muncul dari persembunyian dan perutnya dibusungkan.

”Laporkan saja kalau aku yang makan,” kata katak sambil mengejek.


Katak terus memakan telur-telur Ikan. Katak tidak menyangka kalau seekor ular telah mengintainya. Dengan gerakan cepat ular menerkam Katak. Katak meronta kesakitan dan meminta pertolongan.

Mendengar teriakan Katak, Kunang-kunang segera datang. Melihat cahaya Kunang-kunang, Ular merasa malu. Cahaya kunang-kunang itu seakan-akan memberi malu kepada binatang untuk berbuat dosa.

Ular melepaskan mangsanya lalu pergi. Kaki Katak terluka sehingga tidak dapat melompat dengan sempurna. Katak jongkok sambil merintih kesakitan. Katak disuruh terjun ke air oleh kunang-kunang.

Ketika Katak sudah masuk dalam air, ikan datang mengeluarkan lendir. Diusap-usapnya luka pada kaki Katak sehingga darah berhenti mengalir. Katak jera atas kesombongannya.




KISAH DUA SAUDARA



Cerita ini berasal dari daerah di Tapanuli Utara di daerah Silahan, Kecamatan Lintong Nihuta.Konon dahulu ada dua orang bersaudara namanya Datu Dalu dan adiknya Sangmaima.Orang tuanya mempunyai sebuah tombak pusaka.sesuai dengan adat,jika orang tua meninggal maka tombak pusaka itu jatuh pada anak yang tertua.
Suatu ketika Sangmaima ingin meminjam tombak pusaka itu untuk berburu babi hutan.Datu dalu meminjamkan tombak itu kepada adiknya dengan syarat tombak itu harus dijaga baik-baik jangan sampai hilang.Sesampainya di kebun Sangmaima melihat seekor babi hutan sedang merusak tanamannya.tanda pikir panjang dia melempar babi hutan itu dengan tombaknya den mengenai lambung babi hutan itu.namun babi hutan itu masih sempat melarikan diri kesemak-semak tetapi ia hanya menemukan tombaknya saja sedangkan mata tombaknya masih melekat dilambung babi hutan itu.

Sangmaima segera pulang dan melapor kepada abangnya.dia sudah menduga kalau abangnya pasti marah besar karna mata tombaknya hilang entah kemana.”kamu harus mendapatkan kembali mata tombak itu !”seru abangnya.”Saya mohon maaf,Bang hari ini juga saya akan mencarinya.tanpa banyak bicara Sangmaima langsung pergi mencari mata tombak itu.Akhirnya ia menemukan lubang besar tempat persembunyian babi hutan. Ternyata lubang itu merupakan pintu gerbang sebuah istana bawah tanah.Disanalah Sangmaima menemukan mata tombak itu melekat ditubuh putri raja yang sedang sakit.ternyata babi hutan yang terkena tombaknya itu merupakan jelmaan putri raja.

Setelah ia menyembuhkan putri raja,diam-diam ia mengembalikan mata tombak kepada kakanya.Datu Dalu sangat gembira melihat kepulangan adiknya.Kegembiraan itu diujudkan denan pesta adat secara besar-besaran.sayangnya dalam pesta itu ia tidak mengundang adiknya.tindakan ini membuat adiknya tersinggung.lalu ia bermaksud mengadakan yang dihias dengan berbagaimacam bulu burung sehingga bentuknya menyerupai seekor burung ernga.Pesta dirumah Datu Dalu tumunya hanya sedikit.karna penasaran ia datang ketempat adiknya untuk melihat ada apa gerangan disana.ternyata tamu yang datang lebih banyak dan tertarik oleh tontonan.Maka Datu Dalu berniat untuk meminjam burung ernga untuk dijadikan tontonan dirumahnya.sangmaima meminjamkan dengan sarat kakanya harus menjaga jangan sampai burung ernga itu rusak atau hilang.Sangmaima lalu mengantarkan burung itu kerumah kakanya.Dia sendiri bersembunyi dilangit-langit rumah abangnya.Pada hari pertama pesta dirumah Datu Dalu cukup ramai karna adanya tontonan itu.malamnya diam-diam Sangmaima menemui wanita yang menjadi ernga.”besok pagi buta kamu harus meninggalkan tempat ini bawalah semua emas pakaian yang telah diberikan padamu” baik tuan.

Pada pagi hari yang kedua Datu Dalu bermaksud memenggil ernga untuk bernyanyi lagi dihadapan penonton.berulang-ulang dipanggil ernga tidak muncul.Datu Dalu cemas tidak mendapatkan ernga ditempatnya.Saat itulah Sangmaima datang mengingatkan perjanjian dengan abangnya tentang peminjaman burung ernga.Datu Dalu berusaha mengganti kerugian adiknya namun ditolak oleh adiknya.Akhirnya pertikaian tidak dapat dihindarkan lagi.kedua-duanya sangat kuat.Datu Dalu mengambil lesung lalu dilemparkan hingga jatuh dikampung Sangmaima.ajaibnya ditempat lesung itu jatuh menjadi sebuah danau yang kemudian disebut Danau Losung

13 komentar:

  Anonim

4 November 2009 02.37

sippp lah laen kali buat yang banyak yaccccccch by imoet

  Anonim

4 November 2009 02.38

keren abissssssssssss

  Anonim

10 Oktober 2010 00.56

kk bagus kok doneng nya

  yusra

17 Oktober 2010 04.12

makasih ya bantuin ngerjain tugas b.indonesia...

  ImU3tzZ

1 November 2010 05.35

B@gUzZ... b@nget !!!
ngeba@ntu TuG@zZ d@r! sc0LL Qu.....

  Sandra Afifah

4 Agustus 2011 00.10

Bagus mba. Lumayan untuk tugas di sekolah ;)

  Anonim

7 September 2011 05.46

makasih, mbantu sekali critanya bwt tugas skolah :)

  Anonim

3 Oktober 2011 03.23

keren bagus bgt , kpan" buat aku yang kyk gini uga yaaaa :)

  aliviananda :)

26 Oktober 2011 04.48

makasih ya:) lumayan buat tugas sekolah :)

  johan

3 November 2011 22.19

bagus utk ngerjain tugas

  anggun

14 November 2011 00.27

thanks,jadi tugas qu, selesai dech,

  Anonim

28 Januari 2012 13.50

tugas selesai tp bnyk bngt untuk d hafalkan

  Try Out Online

21 Februari 2013 19.40

Ayo Cepet Gabung di gameforsmart.com... !!!
Untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara yang menyenangkan. Cara pendaftarannya sangat mudah tanpa di pungut biaya apapun alias Gratiss loooo ...!! :D

Poskan Komentar